Kandungan Gizi dan 7 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Kangkung adalah salah satu sayuran favorit masyarakat indonesia, selain enak kangkung juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Umumnya di indonesia kangkung dijadikan tumis atau oseng-oseng dipadukan dengan bahan lain seperti udang, terasi dan berbagai variasi masakan kangkung lainnya. Harga kangkung pun termasuk murah sehingga bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Meski termasuk sayuran yang sering dikonsumsi namun kebanyakan orang tidak tahu dengan kandungan gizi dan manfaat dari kangkung. Maka dari itu Tips Alami akan mengulas mengenai sayuran favorit masyarakat indonesia ini.

Di dalam kangkung terdapat zat-zat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya adalah energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, vitamin B1 dan vitamin A.  Selain itu, kangkung juga memiliki senyawa penting lainnya yang sangat berguna bagi tubuh. Kangkung mengandung senyawa yang berfungsi sebagai diuretik, anti inflamasi dan hemostatik. senyawa itu adalah sitosterol, hentriakontan dan karoten.

Dan juga terdapat senyawa fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan diantaranya : saponin, flavonoid, tanin, polifenol, kuinon, dan alkaloid. Antioksidan ini sangat bagus untuk menangkal radikal bebas. setelah mengetahui kandungan gizi dari kangkung, kita juga harus mengetahui manfaat dan khasiat kangkung, manfaat kangkung adalah :

Mengatasi Anemia (Kekurangan Darah)
Kangkung mengandung zat besi yang cukup lumayan banyak. Zat besi berfungsi untuk menambah hemoglobin maka dengan mengkonsumsi kangkung kita bisa terhindar dari penyakit anemia.
Mengobati Penyakit Kuning dan Hati
Antioksidan yang terkandung dalam kangkung bisa mencegah terjadinya kerusakan hati. Selain itu sudah sejak lama kangkung digunakan untuk mengobati penyakit kuning.

Mencegah Penyakit Kanker
Dengan kandungan antioksidan yang telah disebutkan diatas, kangkung adalah sayuran yang bagus untuk mencegah kanker. terutama mencegah kanker kulit, payudara dan perut. Mengkonsumsi kangkung selain murah juga sangat bermanfaat karena bisa mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

http://8villages.com

Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)
Kangkung mengandung unsur sedatif yang bisa menyebabkan kantuk, maka anggapan masyarakat yang mengatakan kalau sudah mengkonsumsi kangkung akan ngantuk adalah benar. Selain itu kangkung juga mengandung zinc dan selenium yang bisa membuat syaraf menjadi lebih rileks.

Mencegah Penyakit Diabetes
Kangkung bisa mencegah  penyakit diabetes melitus ini dikarenakan ekstrak dari kangkung mampu menyerah kelebihan gula dalam darah.

Memperlancar Pencernaan dan Mengatasi Sembelit
Kangkung termasuk sayuran yang mengandung serat cukup banyak. Serat ini bermanfaat sekali untuk melancarkan pencernaan dan mencegah penyakit sembelit.
Mengobati Mimisan
Manfaat lainnya dari kangkung adalah bisa mengobati mimisan, yang sering mimisan bisa mencoba cara ini : 1 ikat kangkung di blender sampai halus kemudian disebuh dengan air panas sebanyak 200ml dan ditambahkan gula aren sedikit, minum secara teratur 2 kali dalam sehari.

Demikian itulah berbagai manfaat dari kangkung. Kangkung adalah sayuran yang mudah di dapat dengan banyak khasiat.