Kandungan Gizi dan 7 Manfaat Ikan Asin Untuk Kesehatan

Posted on

Ikan Asin ternyata memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi kesehatan. Jenis ikan asin diantaranya, asin peda, klotok, layur, gabus dan asin sepat. Pada dasarnya ikan asin adalah ikan yang dikeringkan agar awet dan disimpan dalam jangka waktu yang lama dengan menggunakan media garam. Ikan asin baik itu terbuat dari ikan laut maupun ikan air tawar, keduanya memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh dan juga kesehatan. Namun pada saat ini kita harus lebih hati-hati dalam memilih ikan asin karena tak jarang banyak sekali pembuat dan pedagang ikan asin nakal yang menggunakan zat kimia berbahaya untuk mengawetkan ikan asinnya atau pun untuk memberi warna yang cerah dengan menggunakan pewarna kimia. penggunaan zat kimia untuk pengawetan seperti misalnya formalin sangat berbahaya bagi tubuh, diantaranya bisa menyebabkan kanker.

Oleh karena itu berhati-hati lah dalam memilih ikan asin jangan sampai kita membeli ikan asin yang ada bahan pengawet kimia nya. salah satu tanda atau cara untuk membedakan ikan asin yang menggunakan pengawet alami dan kimia adalah jika ikan asin nya dihinggapi lalat maka itu ikan asin tanpa zat pengawet kimia dan aman dikonsumsi. Namun jika menemukan ikan asin yang tidak di hinggapi lalat sama sekali dan diberikan ke kucing, kucing nya tidak mau maka kita patut untuk curiga kalau itu menggunakan zat pengawet kimia.

Sekarang mari kita bahas manfaat dari ikan asin yang sangat berguna bagi kesehatan. Berikut adalah berbagai macam manfaat ikan asin bagi kesehatan.

Mencegah Anemia
Ikan asin mengandung zat besi, zat besi yang ada dalam ikan asin ini berfungsi untuk membantu proses produksi sel darah. Dengan makan ikan asin maka secara tidak langsung kita bisa mencegah terjadinya penyakit anemia.

Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh
Selain mengandung zat besi, ikan asin juga mengandung protein yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, dengan daya tahan tubuh yang bagus maka kita tidak akan mudah terserang penyakit.

Bagus Untuk Kesehatan Tulang dan Gigi
Ikan asin mengandung posfor dan juga kalsium, dalam ikan asin peda kandungan posfor nya sebanyak 316 mg dan kalsium sebanyak 174 mg. Kalsium dan posfor sangat baik bagi gigi dan tulang. Beberapa manfaat nya adalah memperkuat struktur dari tulang, mencegah osteoporosis, mencegah terjadinya kelainan tulang dan membantu proses pertumbuhan tulang terutama pada masa pertumbuhan.

Sumber Kalori dan Energi Bagi Tubuh
Dalam ikan asin terutama peda terdapat kandugan gizi kalori sebesar 156 (kal). Kalori sebesar itu bisa mencukupi kebutuhan energi bagi tubuh untuk 1 hari. berikut adalah tabel dari kandungan gizi ikan asin peda:

www.semuaikan.com

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
Zat besi yang terkandung dalam ikan asin sangat bermanfaat dalam proses penyembuhan dari luka.

Baik Untuk Kesehatan Mata, Kulit, Sistem Kekebalan Tubuh dan Pertumbuhan
Ikan asin peda memiliki kandungan vitamin A yang cukup besar yaitu 110 A (SI). Vitamin A ini sangat baik perkembangan dan kesehatan dari mata, kulit pertumbuhan dan juga sistem kekebalan tubuh.

Bagus Untuk Pembentukan dan Menambah Masa Otot
Ikan asin memiliki protein yang cukup banyak. protein ini sangat bagus bagi pertumbuhan dan penambahan masa otot.

Begitulah 7 manfaat dari ikan asin bagi kesehatan tubuh, meski memiliki banyak manfaat namun jangan berlebihan ya karena ikan asin memiliki kandungan garam yang cukup tinggi. Terlalu banyak makan garam bisa membuat darah tinggi.