8 Manfaat Cabe Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Cabai atau yang lebih sering diucapkan dengan cabe adalah tanaman yang paling sering dijumpai dalam kehidupan masyarakat indonesia. Hampir segala bentuk masakan atau makanan yang ada di indonesia bahkan di dunia pasti menggunakan cabe, misalnya untuk saus, sambal atau dimakan langsung dengan gorengan. Rasanya jika makan tanpa ditemani cabe itu terasa kurang lengkap.

Jenis cabe di dunia ini ada banyak sekali jenis cabe, dari cabe yang ukurannya kecil sampai yang besar, dari yang rasa pedas nya biasa-biasa sampai ke cabe terpedas di dunia. Tidak bisa dibayangkan jika cabe sampai menghilang, kita akan merasakan rasa pedas dari mana. Karena cabe adalah sayuran yang paling sering dikonsumsi dan mudah ditemukan sehingga mungkin kita lupa bahwa cabe juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah 8 manfaat cabe untuk kesehatan.

Mencegah Penyakit Jantung
Asam folat dan vitamin B6 yang ada dalam cabe bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke.

Mencegah Kanker Usus Besar
Kandungan asam folat, beta caroten dan cartonoid lycopene dalam cabe bisa menurunkan resiko terkena kanker usus besar dan juga vitamin C nya bisa menambah kekuatan imun tubuh.
Mengatasi Asma dan Melancarkan Pernafasan
Cabe bisa melancarkan membantu melebarkan saluran pernafasan yang ada di dalam paru-paru sehingga bisa mengurangi resiko asma. Selain itu kandungan vitamin A dalam paru-paru juga bisa mengurangi resiko terkena penyakit radang paru-paru akibat dari merokok.

Penghilang Rasa Sakit
Rasa sakit yang bisa diredakan oleh cabe diantaranya adalah kejang otot bahu, rematik, herpes zoster, bursitis dan neuropati diabetes. Pelepasan endorfin yang dirangsang cabe bisa menjadi penghilang rasa sakit alami.

Detoksifikasi
Salah satu manfaat cabe lainnya adalah bisa meningkatkan pasokan nutrisi ke dalam tubuh dan juga melakukan detoksifikasi gastrointestinal dalam mencerna makanan sehingga zat-zat yang tidak terpakai oleh tubuh terbuang.

Menurunkan Berat Badan
Berdasakan penelitian cabe bisa meningkatkan pembakaran lemak pada tubuh, dengan cukup hanya 10mg cabe merah saja. Selain itu capsaicin juga dipercaya bisa mengurangi asupan kalori.

Mencegah Bisul di Lambung
Ada anggapan yang mengatakann bahwa cabe bisa menyebabkan bisul pada lambung namun justru sebaliknya, cabe malah membunuh bakteri yang tertelan oleh kita dan melakukan stimulasi pada sel-sel yang melapisi lambung agar mengeluarkan zat yang melindungi lambung.

Kesehatan Kardiovaskular
Cabe rawit terbukti mampu menurunkan level trigliserida dan kolesterol yang terdapat dalam darah. Dengan berkurangnya kadar kolesterol dan trigliserida maka kesehatan jantung dan pembuluh darah akan lebih terjaga.

Demikian lah beberap khasiat dan manfaat cabe untuk kesehatan. namun meski manfaatnya banyak jangan berlebihan dalam mengkonsumsi cabe, karena cabe terutama biji cabe bisa jadi salah satu penyebab terjadinya penyakit usus buntu.