7 Manfaat Jantung Pisang Kepok

Posted on

Jantung pisang kepok adalah yang paling sering dikonsumsi karena tidak pahit, berbeda dengan jantung pisang jenis lain yang cenderung ada rasa pahitnya. Lantas apa manfaat dan khasiat dari jantung pisang kepok? Jantung pisang kepok sangat enak apalagi jika memasaknya dengan cara yang benar hasilnya pasti mantap sekali. Meski olahan jantung pisang kepok sangat enak namun jarang sekali masyarakat yang mengkonsumsinya itu mungkin dikarenakan pasokan jantung pisang kepok masih sedikit, tidak ada yang sengaja bertani pisang kepok dan kemudian menjual jantung pisang nya.

Jantung pisang kaya akan vitamin dan zat-zat yang bagus untuk kesehatan, diantaranya jantung pisang memiliki kandungan : Vitamin A, B, C, E, niasin, serat, asam pantotenat dan serat. Selain itu jantung pisang juga bersifat anti inflamasi, anti virus, anti oksidan, anti mikroba, anti kanker dan anti bakteri. Dan jantung pisang juga mengandung kalium, protein, seng, karbohidrat, magnesium, kalsium, tembaga, fosfor, mangan dan besi. Itulah kandungan gizi yang ada di dalam jantung pisang kepok, bisa dibilang jantung pisang kepok adalah sayuran kaya akan gizi dan vitamin sehingga mengkonsumsinya akan berdampak bagus bagi kesehatan tubuh. Setelah mengetahui kandungan gizi dari jantung pisang kepok, kini kita bahas tentang manfaat dari jantung pisang kepok.

Mengobati Anemia
mengkonsumsi jantung pisang dalam bentuk apapun seperti ditumis, direbus dan sebagainya akan mencegah kita dari penyakit kurang darah atau anemia. Ini dikarenakan di dalam jantung pisang kepok terdapat zat besi yang baik untuk meningkatkan kadar hemoglobin.

Mengatasi Penyakit Kanker
Sifat antioksidan, anti virus, anti inflamasi, anti bakteri dan anti kanker yang ada di dalam jantung pisang, sangat efektif untuk mencegah penyakit kanker dan membunuh sel-sel kanker yang masih dalam tahap awal.
Meningkatkan ASI
Manfaat lainnya dari Jantung pisang adalah bisa meningkatkan pasokan ASI. Selain itu jantung pisang baik dikonsumsi oleh ibu yang baru melahirkan.

Menyembuhkan Efeksi
Jantung pisang mengandung etanol, etanol ini bisa mengobati infeksi yang terjadi pada tubuh. Selain itu mengkonsumsi jantung pisang bisa mencegah pertumbuhan malaria.

Mengurangi Resiko Batu Ginjal
Jantung pisang mengandung potasium, potasium sangat efektif dalam membantu mengurangi resiko terkena penyakit batu ginjal.

Mengatasi Stres dan Depresi
Magnesium yang terkandung dalam jantung pisang sangat efektif untuk meredakan kecemasan dan depresi serta bisa menaikan mood.

Anti Penuaan
Jantung pisang bisa mencegah radikal bebas. sehingga akan memperlambat proses penuaan.

itulah beberap khasiat dan manfaat dari jantung pisang kepok. Selain itu jantung pisang kepok bagus dikonsumsi oleh wanita yang mengalami menstruasi yang tidak normal seperti mengeluarkan darah yang banyak. Dengan mengkonsumsi pisang kepok maka menstruasi akan kembali normal.