10 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Posted on

Bawang bombay termasuk dari trio bawang yang sering dipakai dalam masakan sehari-hari. Meski namanya identik dengan negara india namun sebenarnya bawang bombay kemungkinan besar berasal dari palestina dan kemudian menyebar ke eropa serta india. Bawang bombay masuk ke indonesia melalui para pedagang india yang berasal dari kota bombai (sekarang mumbai). Dan karena itulah bawang ini dinamakan dengan bawang bombay. Selain sebagai salah satu bumbu yang sering dipakai dalam dalam masakan. bawang bombay memiliki banyak manfaat ini dikarenakan kandungan yang terdapat di dalam nya, antara lain : vitamin B2, zinc, karoten total, vitamin c, kalsium, besi, kalium, lemak, natrium, karbohidrat, serat, air, protein dan energi. Itulah kandungan yang terdapat dalam bawang bombay, adapun manfaat bawang bombay adalah sebagai berikut ini :

Mencegah Penyakit Kanker
Kandungan vitamin C dalam bawang bombay yang cukup banyak bisa mencegah terjadinya penyakit kanker karena, vitamin c efektif untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit dan radikal bebas. Kandungan antioksidan kuersetin dalam bawang bombay membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Mengatasi Penyakit Tenggorokan
Bawang bombay mengandung kuersetin, manfaat dari kuersetin ini adalah bisa mengendorkan saluran nafas hingga bisa mengurangi gejala asma.
Menjaga Kesehatan Jantung
Kalium yang terdapat dalam bawang bombay bersifat menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan kuersetin nya juga bisa mencegah terjadinya penumpukan plak di dalam arteri sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Memperbaiki Mood
Folat yang terdapat dalam bawang putih bisa mengurangi depresi. Dan menyebabkan mood menjadi positif.

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit
Kandungan Vitamin C yang ada di dalam bawang bombay dipercaya bisa ikut menjaga kesehatan dari rambut dan juga kulit.

Menurunkan Kadar Gula Darah
Cobalah makan bawang bombay 3 kali sehari selama 2 bulan, campurkan bawang bombay nya ke dalam makanan. Maka kadar gula darah mu akan turun.

Menjaga Kesehatan Tulang
Bila kamu mengidap rambut rontok, cobalah cara ini. Ambil bawang bombay secukupnya kemudian jus sampai halus tambahkan sedikit minyak kelapa, kemudian usapkan ke bagian kepala yang botak. Lakukan secara rutin selama 2 bulan.

Menjaga Tekanan Darah
Bawang bombay bisa menurunkan tekanan darah sistolik (atas) ini dikarenakan kandungan vitamin E dan C yang ada dalam bawang bombay. Konsumsilah minimal selama seminggu.

Melancarkan Pencernaan
Bawang bombay mempunyai serat khusus yang disebut dengan oligofructose. Serat oligofructose ini membantu meningkatkan produksi dari bakteri baik di usus. dengan banyaknya usus baik dalam usus maka pencernaan pun akan menjadi lebih lancar.

Begitulah beberapa manfaat dan khasiat bawang bombay untuk kesehatan tubuh.