10 Khasiat Mentimun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Ketimun, Timun atau Mentimun adalah sayuran yang memiliki banyak manfaat, biji nya bahkan bisa digunakan untuk mengobati cacingan karena mengandung alkoloid jenis hipoxanti. Selain itu mentimun mengandung zat besi, kalsium, magnesium, karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, vitamin B1, fosforus, vitamin C dan vitamin B1. Selain untuk cacingan biji mentimun juga bisa digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan, caranya yaitu dengan mencampur biji mentimun dan mencampurkannya dengan garam, kemudian pakai untuk kumur-kumur.

Selain manfaat yang sudah disebutkan diatas, tentunya masih banyak lagi manfaat lainnya dari mentimun untuk kesehatan maupun kecantikan. Selain rasa mentimun yang segar dan kadang ada rasa agak manisnya, mentimun memiliki khasiat yang sangat bagus untuk tubuh. Mari kita ketahui bersama-sama manfaat mentimun bagi kesehatan dan kecantikan.

Menjaga Kesehatan Ginjal
Mentimun memiliki kadar kalori yang rendah dan juga kalium, silikon dan fluorin. Sehingga menyebabkan Mentimun bisa merangsang ginjal untuk membuang zat-zat sisa metabolisme dan lemak yang ada di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan dan Membuat Kulit Bersinar
Mentimun bisa digunakan sebagai toner alami. Kandungan air yang terdapat dalam mentimun bisa membuat kulit tetap lembab dan bercahaya.
Menghilangkan Lingkaran Hitam dan Bengkak di Mata
Bila karena terlalu capai hingga menyebabkan bengkak atau lingkaran hitam di mata. Segera ambil dan iris mentimun lalu tempelkan ke mata selama 20 menit. Ini akan membantu mengurangi bengkak pada mata.

Melindungi Tulang
Vitamin K terdapat di dalam mentimun. Kekurangan vitamin K bisa menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah patah tulang. Vitamin K membantu proses penyerapan kalsium pada tulang. Dengan mengkonsumsi secangkir mentimun maka kamu sudah mencukupi 22% asupan harian vitamin K yang disarankan.

Menghambat Pertumbuhan Kanker
Salah satu kandungan mentimun yaitu flavonoid fisetin berdasarkan penelitian bisa menghambar proses pertumbuhan kanker prostat.

Mengatasi Selulit Pada Perut
Kolagen yang terdapat dalam mentimun bisa mengurangi selulit pada perut yang biasanya terjadi karena efek kehamilan. Selain itu Kandungan vitamin C, zat besi, asam folat, seng dan vitamin B1, B2 serta B3 dalam mentimun sangat baik untuk perkembangan janin.

Mengeluarkan Racun Dari Tubuh
Salah satu sifat dari mentimun adalah diuretik, ini bisa memicu produksi dari air seni. Hal ini akan mendorong keluarnya racun, zat hasil metabolisme dan bakteri untuk keluar melalui urine. Ini disebut dengan detoksifikasi. Dengan keluarnya zat berbahaya dan racun maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan segar.

Menurunkan Tekanan Darah
Kabar baik bagi penderita hipertensi. Mengkonsumsi air mentimun akan membantu mengurangi tekanan darah. Ini dikarenakan kandungan kalium yang ada di dalam mentimun, kalium bisa mengatur jumlah kadar garam yang terdapat di dalam ginjal.

Mencegah Sembelit
Mentimun mengandung serat dan air yang banyak. Air dan serat membantu melancarkan proses pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit.

Mengurangi Noda Bekas Luka
Parut mentimun dan jadikan masker atau tempelkan pada area bekas luka selama 15 menit. Lakukan selama beberapa minggu dan lihat hasilnya.

Begitulah 10 manfaat dan khasiat mentimun untuk kesehatan yang harus kamu ketahui.